Maya Bay Mulai Pulih

Setelah mengalami penutupan masif untuk turis pada Februari dan Oktober 2018, ekosistem di Maya Bay, Phuket mulai pulih. Terumbu karang mulai beregenerasi dan hiu sirip hitam mulai kembali mampir ke lokasi syuting film The Beach yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio tersebut.

Program konservasi yang dilakukan pemerintah tersebut terbilang cukup berhasil. Pasalnya, hanya dalam waktu kurang lebih enam bulan, tim konservasi Thailand melaporkan—dan merekam—puluhan hiu sirip hitam atau hiu karang yang sudah kembali datang ke perairan Maya Bay. Para ahli konservasi laut percaya, hiu-hiu tersebut datang ke Maya Bay untuk melahirkan anak-anak mereka. Hal yang biasanya dilakukan di teluk dengan perairan tenang.

Fenomena tersebut dianggap menjadi menjadi salah satu indikasi positif yang menunjukkan bahwa ekosistem pantai membaik. Selain itu, pantai yang dibingkai tebing kapur di pulau Ko Phi Phi Leh ini juga terlihat semakin sehat dan bersih.

Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tanaman Thailand sempat mengunggah tulisan “Kunjungi dan hitunglah berapa banyak hiu yang datang” di Facebook resmi mereka. Namun, hingga saat ini, pemerintah masih belum mengumumkan jadwal pasti kapan Maya Bay akan kembali dibuka untuk umum, karena terumbu karang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih.

Rencananya, seperti dikutip dari situs Channel News Asia, pasca-pemulihan tersebut, perahu turis akan selama dilarang memasuki kawasan Maya Bay. Solusinya, pemerintah akan memberikan akses via Loh Samah Bay. Di sini, akan dibangun dermaga guna mengakomodasi kapal-kapal turis dan menjadikannya lokasi antar-jemput. Untuk mengakses area Maya Bay, kelak turis harus melewati jalan darat yang dipersiapkan oleh Taman Nasional Mu Ko Phi Phi.

Tags from the story
Written By
More from travelife

Wisata Gunung Bromo

Kawasan Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi unggulan Indonesia bagi wisatawan yang...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *