Review Ayana Komodo Resort

Lokasi
Ayana Komodo Resort bersemayam di Pantai Waecicu, pantai yang mengoleksi sejumlah penginapan tepi pantai. Dari Bandara Internasional Komodo, resor bintang lima ini dapat dijangkau dalam waktu sekitar 15 menit berkendara. Salah satu keunggulan Pantai Waecicu adalah pemandangannya yang memikat dengan suguhan kecantikan mentari terbenam.

Desain
Ayana Komodo Resort menyebut dirinya sebagai “hotel luks pertama dan satu-satunya di kawasan Taman Nasional Komodo.” Klaim yang tak muluk-muluk. Pasalnya, arsitektur Ayana Komodo Resort begitu menonjol dibandingkan dengan penginapan-penginapan yang lebih dulu muncul di Labuan Bajo. Desain resor ini ditangani oleh firma desain asal California, WATG. Dengan portofolio panjang, WATG pernah menggarap proyek-proyek kelas kakap dunia mulai dari Atlantis The Palm di Dubai hingga Conrad Maldives Rangali Island.

Desain bangunannya dibuat mengikuti kontur tebing dengan lobi ditempatkan di lantai tertinggi: lantai 11. Menurut WATG, desain yang unik tersebut memungkinkan setiap kamar memiliki pemandangan langsung ke laut. Desain bangunannya memancarkan nuansa modern berpadu dengan garis-garis tegas dan warna krem lembut.

Kuliner
Ayana Komodo Resort mungkin satu-satunya hotel di Labuan Bajo yang memiliki pilihan kuliner variatif. Resor ini menaungi tiga restoran, yakni Rinca, restoran utama yang menyajikan hidangan Indonesia dan internasional; KisikGrill, tempat makan di tepi pantai yang hanya buka saat makan malam dengan menu hidangan laut dan piza; serta HonZEN, satu-satunya restoran Jepang premium di Labuan Bajo.  Untuk ukuran Labuan Bajo, Rinca menaikkan standar sarapan hotel dengan pilihan menunya yang melimpah. Sementara makan malam di KisikGrill mengingatkan akan sesi makan malam di Jimbaran berkat sajiannya yang bercita rasa autentik. “Ikannya diolah dari ikan segar tangkapan hari ini,” ujar koki yang bertugas membakar ikan.

Selain tiga restoran, Ayana Komodo Resort juga menyuguhkan opsi wadah kongko yang atraktif mulai dari Mesa Bar di lobi hingga Naga Bar yang dikerek di ujung dermaga. Namun yang menjadi primadona adalah UNIQUE Rooftop Bar yang beroperasi menjelang senja. Di sini, tamu dapat menikmati beragam pilihan minuman dan camilan sembari menyaksikan panorama mentari terbenam. Rooftop bar ini tak hanya terbuka bagi tamu hotel, namun juga untuk publik.

Aktivitas
Ayana Komodo Resort tak memiliki pantai. Untuk menyiasatinya, pemilik menyewa pulau yang jaraknya sekitar 200 meter dari resor yang dapat diakses menggunakan perahu yang disediakan oleh resor. Di sini, tamu dapat bersantai di pantai dan bermain air sepuasnya. Di kompleks resor, tamu dapat mengikuti opsi yoga di dek tepi laut yang digelar tiap pagi atau berenang di natural pool yang berada di ujung dermaga.

Namun sejatinya, berkunjung ke Flores tak lengkap tanpa island hopping. Untuk itu Ayana Komodo Resort menawarkan kapal Ayana Lako di’a, pinisi yang menawarkan paket tur keliling Taman Nasional Komodo hingga sunset tour yang diakhiri dengan makan malam. Bagi mereka yang mendambakan tur dengan durasi lebih singkat, Ayana Komodo Resort juga menyediakan kapal cepat Lako Cama yang dirancang untuk melayani tur setengah hari. Sementara itu, bagi mereka yang membawa buah hati, tersedia tur menggunakan kapal berdasar kaca.

Fasilitas
Fasilitas yang disematkan di dalam resor cukup impresif. Ayana Komodo Resort dilengkapi infinity poolmenatap laut lepas, spa dengan pilihan perawatan yang tersohor, pusat kebugaran, kolam renang untuk anak-anak, hingga Kids’ Club. Seperti saudara tuanya di Bali, Ayana Komodo Resort juga dilengkapi dengan fasilitas resepsi yang mumpuni baik untuk pesta di dalam maupun di luar ruangan. Tak ketinggalan, Ayana Komodo Resort juga menyuguhkan pilihan ruang rapat.

Pantai Waecicu, 0361/702-222; ayana.com; doubles mulai dari Rp3.100.000.

Tags from the story
,
Written By
More from travelife

Sehari Mengunjungi Tanjung Lesung

Tanjung Lesung merupakan resor pantai terpadu yang sedang dikembangkan sebagai pusat rekreasi dan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *